Apa Itu Kartu Kredit, Ini Dia Penjelasan Singkatnya

Apa Itu Kartu Kredit, Ini Dia Penjelasan Singkatnya Penjelasan sederhananya, kartu kredit merupakan sepotong plastik kecil yang mudah untuk dimasuk ke
Apa Itu Kartu Kredit, Ini Dia Penjelasan Singkatnya

Penjelasan sederhananya, kartu kredit merupakan sepotong plastik kecil yang mudah untuk dimasuk ke dalam dompet Anda. Benar, ini bukanlah 'sebatas sepotong plastik'; ini merupakan potongan plastik yang sangat kuat yang dapat dianggap sebagai bentuk uang terkompresi.

Kita bisa ibaratkan kartu kredit sebagai sistem kredit yang digunakan seseorang untuk meminjam uang dengan cara cepat dari bank maupun lembaga keuangan dan menggunakannya sebagai alat pembayaran ke pedagang.

Untuk mendapatkan kartu kredit, Anda harus mengisi formulir aplikasi yang disediakan dalam perjanjian antara penyedia kartu kredit dan konsumen kartu kredit. Apabila penyedia kartu kredit menyetujui formulir aplikasi yang Anda isi, penyedia akan memberikan Anda sepotong plastik kecil (yaitu kartu kredit).

Plastik (atau kartu kredit) ini berisi sederet informasi keamanan yang dikodekan secara elektronik dalam bentuk strip magnetik (yang umumnya terletak di bagian belakang kartu kredit). Informasi tersebut digunakan sebagai otorisasi pembayaran setiap kali Anda menggunakan kartu kredit.

Anda bisa menggunakan kartu kredit untuk belanja di toko merchant atau secara online dan lainnya. Tentu saja ini semua tergantung dari kemampuan merchant apakah menerima pembayaran dengan kartu kredit atau tidak.

Pedagang wajib bisa menerima pembayaran yang dilakukan melalui kartu kredit yang disediakan oleh organisasi kartu kredit tersebut (di mana Anda memegang kartu kredit) yaitu VISA, MasterCard, dan lain-lain.

Anda juga bisa memanfaatkan kartu kredit untuk menarik uang tunai dari ATM (mesin ATM otomatis) atau yang biasa dikenal dengan mesin ATM atau mesin Siang dan Malam.

Secara umum ada 8 organisasi kartu kredit yang tersedia dan kebanyakan dari organisasi ini beroperasi di banyak negara di seluruh dunia. Beberapa diantaranya seperti American Express, City, Diners Club, Discover, JCB, MasterCard dan VISA. Kartu MasterCard dan VISA mungkin yang paling populer diantara yang lain.

Kemudian ada juga penyedia kartu kredit yang memiliki hubungan dengan organisasi-organisasi tersebut dan menerbitkan kartu kredit atas nama mereka sendiri. misalnya, Anda mempunyai beberapa bank yang mengeluarkan kartu VISA (seperti kartu VISA HSBC).

Untuk melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit, Anda harus menggesek kartu kredit ke mesin pemrosesan kartu kredit khusus (saat berbelanja langsung di toko) atau detail kartu kredit harus dimasukkan di situs web merchant (saat berbelanja online ).

Penyedia kartu kredit mengirimkan seluruh tagihan untuk transaksi ini kepada konsumen yang kemudian diminta untuk membayar jumlah penuh atau sebagian (minimum). Jika Anda membayar lunas, penyedia kartu kredit tidak membebankan bunga apa pun atas jumlah hutang Anda. Jika tidak, jumlah bunga yang sudah Anda sepakati sebelumnya akan dibebankan kepada Anda.

Jika Anda tidak membayar bahkan sedikitpun, Anda mungkin akan dikenakan biaya keterlambatan juga. Selain itu, penyedia kartu kredit umumnya membatasi jumlah maksimum yang dapat Anda belanjakan per bulan dengan menggunakan kartu kredit yang Anda miliki.

Hanya Ingin Berbagi Sedikit Ilmu....