Unlock Link

Ketahui Ini Sebelum Menjadi Co-signer pada Pinjaman Pribadi

Ketahui Ini Sebelum Menjadi Co-signer pada Pinjaman Pribadi Menjadi co-signer pada pinjaman pribadi untuk teman atau anggota keluarga adalah tawaran
Ketahui Ini Sebelum Menjadi Co-signer pada Pinjaman Pribadi

Menjadi co-signer pada pinjaman pribadi untuk teman atau anggota keluarga adalah tawaran yang sangat murah hati karena kemungkinan akan berarti perbedaan antara mereka yang dapat memenuhi syarat untuk pinjaman tersebut dan tidak memenuhi syarat.

Namun, keputusan menjadi co-signer untuk pinjaman pribadi tidak boleh dianggap remeh. Ini merupakan tanggung jawab calon rekan penandatangan untuk mendidik diri mereka sendiri tentang bagaimana situasi ini mempengaruhi mereka, terutama yang berkaitan dengan tanggung jawab mereka terhadap pinjaman jika peminjam gagal bayar.

Sebagian besar penandatangan bersama tidak menyadari bahwa pinjaman ini akan muncul di laporan kredit mereka. Ingatlah bahwa ini mungkin memengaruhi peluang Anda untuk mendapatkan pinjaman Anda sendiri di kemudian hari karena pinjaman pribadi yang Anda tandatangani bersama digunakan untuk menghitung rasio utang terhadap pendapatan Anda.

Hal ini juga dapat mempengaruhi tingkat bunga Anda mendapatkan pinjaman Anda sendiri. Jika Anda merasa ini adalah ide yang baik untuk menandatangani pinjaman pribadi untuk teman atau anggota keluarga, lakukan dengan pemahaman bahwa setelah sejumlah pembayaran tepat waktu, peminjam akan mencoba untuk mengulang pinjaman hanya atas nama mereka sendiri.

Semakin banyak uang yang Anda tandatangani bersama, semakin lama Anda dapat berharap untuk menjadi bagian dari pinjaman itu.

Karena pinjaman dapat berdampak positif dan negatif terhadap peringkat kredit penandatangan bersama, penting untuk mengatur pinjaman sehingga penandatangan bersama dapat mengakses informasi akun. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengetahui apa yang telah dibayar atas pinjaman dan apa yang masih terutang.

Pastikan pemberi pinjaman akan memberi tahu Anda tentang keterlambatan pembayaran atau masalah non-pembayaran dengan peminjam segera setelah hal itu terjadi. Terlalu sering penandatangan bersama tidak menyadari ada masalah dengan pinjaman sampai hal itu berdampak pada kredit mereka.

Meskipun menandatangani pinjaman bersama untuk teman atau anggota keluarga dapat membantu mereka, ketahuilah bagaimana hal itu tidak hanya akan memengaruhi kredit Anda tetapi juga hubungan Anda.

Tidak ada yang bisa merusak hubungan lebih cepat daripada masalah uang. Penting bagi penandatangan bersama untuk melihat keadaan yang menyebabkan individu membutuhkannya sejak awal. Jika sampai pada salah urus uang sederhana, maka Anda tidak membantu mereka atau diri Anda sendiri.

Namun, itu adalah hasil dari keadaan yang tidak dapat mereka kendalikan, Anda mungkin ingin mempertimbangkannya.

Untuk meminimalkan risiko Anda sebagai penandatangan bersama, jangan biasakan menawarkan untuk melakukannya untuk teman dan keluarga. Berita akan menyebar seperti api dengan lebih banyak permintaan menuju ke arah Anda.

Jika Anda tidak merasa kredit Anda sendiri dan keuangan tidak dapat bertahan jika peminjam tidak membayar kembali pinjaman, maka jangan menandatangani pinjaman pribadi. Mungkin sulit untuk mengatakan tidak, tetapi penting bagi Anda untuk bisa melakukannya.

Anda mungkin mempertimbangkan untuk meminta peminjam memberikan verifikasi kepada Anda bahwa pembayaran sedang dilakukan termasuk laporan berkala atau cek yang dibatalkan.

Untuk lebih mengurangi risiko Anda sebagai penandatangan bersama bersikeras peminjam membeli asuransi pinjaman pribadi yang dapat menutupi pembayaran pinjaman untuk jangka waktu tertentu karena pengangguran, penyakit, atau kematian.

Menandatangani bersama pinjaman pribadi untuk seseorang lebih dari sekadar memberikan tanda tangan Anda. Anda mempertaruhkan sejarah keuangan dan kelayakan Anda untuk orang itu. Sangat penting bagi Anda untuk hati-hati meninjau kebutuhan peminjam akan uang serta pola pengeluaran mereka.

Jika mereka berhutang uang kepada orang lain atau terus-menerus hidup di luar kemampuan mereka, pergilah dengan kesadaran yang jernih. Ada kalanya menjadi co-signer pada pinjaman pribadi adalah hal yang benar untuk dilakukan. Hanya Anda yang bisa membuat keputusan itu.

Jika Anda memutuskan untuk melanjutkannya, pastikan Anda mampu membayar biaya pembayaran yang terlewat dan pemberi pinjaman akan memberi tahu Anda tentang status pembayaran pinjaman pribadi.

Hanya Ingin Berbagi Sedikit Ilmu....

3 komentar

  1. Hyy kk
  2. Pw nya ap
  3. Hlw
Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik artikel diatas.