Channel Youtube Belajar Pemrograman Bahasa Indonesia Terbaik

Channel Youtube Belajar Pemrograman Bahasa Indonesia Terbaik

Belajar bahasa pemrograman untuk saat ini seperti sudah menjadi kewajiban, karena jaman sudah berubah menuju ke jaman digital, dan untuk belajar kita disediakan banyak sekali sumber, baik yang berbahasa inggris maupun bahasa indonesia.

Untuk mempermudah belajar bahasa pemrograman tentunya belajar menggunakan platform video akan lebih mudah memahami dari pada hanya tulisan seperti di blog atau website tutorial, maka dari itu saya bagikan 6 channel youtube untuk belajar bahasa pemrograman berbahasa indonesia yang menurut saya terbaik.

Web Programming UNPAS

Web programming unpas ini adalah channel khusus yang membahas mengenai pengembangan website dan juga teknologi internet, khususnya untuk mahasiswa teknik informatika universitas pasundan bandung dan umumnya untuk siapa saja yang tertarik untuk mengikuti dan belajar bareng di channel web programming unpas.

Channel web programming unpas ini dikelola oleh Sandhika Galih sebagai staff pengajar di Program Studi Teknik Informatika UNPAS Bandung. Channel ini sudah bergabung di youtube mulai tanggal 4 Januari 2015, dan sudah ditonton sebanyak 13.462.700 kali hingga saat ini.

Sekolah Koding

Sekolah koding channel ini adalah tempat untuk kita semua bisa belajar programming terutama dari sisi pengembangan website, dan ada juga mengenai desain (web desain). Sekolah koding ini memulai kiprah di youtube pada tanggal 19 Desember 2014 dan hingga saat ini sudah ditonton sebanyak 7.783.464 kali. 

IDStack

Channel IDStack ini adalah channel mengenai tutorial programming, di channel ini kita dapat belajar banyak tentang programming dengan detail dari pemula, menengah hingga expert, tetapi di channel ini lebih banyak tutorial mengenai laravel, jadi bagi kalian yang ingin menguasai laravel silahkan kunjungi channel IDStack ini.

Channel IDStack ini bergabung diyoutube pada tanggal 10 November 2015 dan sampai saat ini semua videonya sudah ditonton sebanyak 935.553 kali.

Kelas Terbuka

Kelas Terbuka adalah channel youtube yang berfokus pada belajar programming atau pemrograman berbahasa indonesia. Channel Kelas Terbuka ini membahas teknik pemrograman secara umum beserta teknologi terkait dan teknik komputasi serta pengolahan data.

Channel Kelas Terbuka ini dikelola oleh : Faqihza Mukhlish, seorang peneliti di bidang Sistem Kontrol. Lulusan Sarjana Teknik Fisika dan Magister Instrumentasi dan kontrol, ITB. Sekarang sedang menjalani pendidikan PhD di UNSW, Sydney, Australia.

Channel Kelas Terbuka ini telah bergabung di youtube pada tanggal 18 Mei 2010 dan telah ditonton sebanyak 3.924.328 kali hingga saat postingan ini ditulis.

Kawan Koding

Menurut kawan koding, belajar bahasa pemrograman terkesan sangat sulit dikarenakan banyaknya sumber belajar yang berbahasa inggris, jadi kawan koding memberikan solusi dari permasalahan tersebut dengan membuat tutorial bahasa pemrograman menggunakan bahasa indonesia, terdapat tutorial PHP, Laravel, Javascript, VueJs dalam bahasa indonesia.

Channel kawan koding ini telah bergabung di youtube pada tanggal 13 April 2016 dan videonya telah ditonton sebanyak 366.971 kali.

Framework Indonesia

Channel framework indonesia adalah channel youtube yang menyajikan tutorial web desain dan web programming dalam bahasa indonesia dengan menggunakan framework.

Untuk topik yang diambil oleh framework indonesia adalah tutorial front-end framework seperti bootstrap dan back-end framework seperti Codeigniter framework, Laravel framework, Symfony framework, Zend framework dan lain-lain.

Channel framework indonesia ini telah bergabung di youtube pada tanggal 31 Desember 2018, dan untuk semua videonya telah ditonton sebanyak 551.495 kali.

Sudah berkecimpung dalam dunia website sejak 2013 dan masih aktif mengelola beberapa website