10 Daftar perusahaan Internet terbesar Di Dunia Tahun 2023

Daftar perusahaan Internet terbesar

Internet adalah lanskap yang luas dan terus berubah, sehingga sulit untuk melacak perusahaan-perusahaan terbesar yang mendominasinya. Namun, kami telah memutuskan untuk melakukan hal tersebut dengan menyusun daftar 10 perusahaan internet terbesar di tahun 2023.

Kami akan memperhitungkan pendapatan yang dihasilkan dari iklan digital, layanan berlangganan, dan penjualan e-commerce serta berapa banyak waktu yang dihabiskan pengguna di platform ini setiap bulannya.

Amazon

Amazon adalah perusahaan e-commerce dan komputasi awan asal Amerika Serikat yang berkantor pusat di Seattle, Washington. Perusahaan ini didirikan oleh Jeff Bezos pada tanggal 5 Juli 1994 dan saat ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar $922 miliar USD pada tahun 2019. Amazon adalah peritel berbasis Internet terbesar di dunia berdasarkan total penjualan dan kapitalisasi pasar.

Produk pertama yang dijual di Amazon adalah sepasang sepatu. Sejak saat itu, Amazon telah berkembang menjadi raksasa global yang menjual hampir semua hal, mulai dari bahan makanan, pakaian, hingga elektronik. Pada tanggal 1 Februari 2019, Amazon memiliki lebih dari 540 juta akun pelanggan aktif di berbagai platformnya termasuk Prime Video (layanan streaming video), Twitch (platform permainan langsung), jaringan toko bahan makanan Whole Foods Market, dan lain-lain.

Google

Google adalah perusahaan teknologi multinasional Amerika yang berspesialisasi dalam layanan dan produk yang berhubungan dengan Internet. Ini termasuk teknologi periklanan online, mesin pencari, komputasi awan, dan perangkat lunak.

Perusahaan ini didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih menjadi mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford di California. Bersama-sama mereka memiliki sekitar 14% sahamnya, namun mengendalikan 56% hak suara pemegang saham melalui unit saham supervoting yang diberikan kepada mereka oleh Alphabet Inc. yang mereka ciptakan sebagai perusahaan induk untuk Google.

Google menyelenggarakan dan mengembangkan sejumlah layanan berbasis Internet: YouTube (berbagi video), Google Maps (layanan pemetaan), Google Drive (penyimpanan awan), Gmail (email), dll.

JD.com

JD.com adalah platform e-commerce Cina yang didirikan oleh Liu Qiangdong yang menawarkan produk mulai dari elektronik dan pakaian jadi hingga makanan, kosmetik, dan barang-barang rumah tangga. Perusahaan ini adalah perusahaan e-commerce terbesar kedua di Cina setelah Alibaba, dengan perkiraan pendapatan sebesar $52 miliar USD pada tahun 2018.

JD.com didirikan pada tahun 1998 sebagai peritel online B2B untuk usaha kecil, tetapi beralih ke penjualan konsumen setelah diakuisisi oleh Walmart pada tahun 2016 dengan nilai $14 miliar USD. Perusahaan ini memiliki lebih dari 400 juta pelanggan aktif dan mempekerjakan lebih dari 70 ribu orang di seluruh dunia.

Alibaba

Alibaba adalah perusahaan e-commerce asal Tiongkok yang berbasis di Hangzhou, Tiongkok. Perusahaan ini didirikan oleh Jack Ma dan Joseph Tsai pada tahun 1999. Alibaba telah menjadi peritel terbesar di dunia sejak 2014, ketika Alibaba melampaui Walmart sebagai peritel terbesar di dunia berdasarkan pendapatan.

Perusahaan induk Alibaba Group Holding Limited disebut Alibaba Group Holding Limited (BABA). Perusahaan ini juga dikenal sebagai Yahoo! China Corporation (YAHOO) atau Alimama Interactive Marketing Solutions Company Limited (AIMS).

Facebook

Facebook adalah sebuah perusahaan media sosial online dan layanan jejaring sosial Amerika Serikat yang berbasis di Menlo Park, California. Facebook dianggap sebagai salah satu dari Empat Besar perusahaan teknologi bersama dengan Amazon, Apple, dan Google.

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, bersama dengan sesama mahasiswa Harvard College dan teman sekamarnya, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas pada mahasiswa Harvard; namun, kemudian diperluas ke perguruan tinggi lain di wilayah Boston termasuk MIT (Massachusetts Institute of Technology), Wellesley College dan Tufts University serta Universitas Stanford ketika dibuka pada 26 September 2004. Pada tahun 2006, Facebook memperluas jangkauannya dengan membuka pendaftaran untuk siapa saja yang berusia di atas 13 tahun yang memiliki alamat email kapan saja selama kelas 9 hingga kelas 12 di sekolah mana pun di Amerika atau Kanada.

Facebook memiliki sekitar 100 juta pengguna aktif di seluruh dunia pada tahun 2010, tetapi hanya sekitar 1 miliar pengguna aktif di seluruh dunia pada tahun 2018 karena berbagai masalah terkait masalah privasi seperti Skandal Cambridge Analytica yang membuat banyak orang meninggalkan situs web ini karena takut akan pelanggaran privasi sehingga mereka memutuskan untuk tidak kembali lagi hingga mereka memperbaiki masalah tersebut terlebih dahulu sebelum meluncurkan fitur baru lagi seperti Messenger Kids di mana orang tua dapat memantau aktivitas anak-anak mereka secara online tanpa mengakses konten ponsel mereka secara langsung.

Tencent

Tencent adalah konglomerat investasi multinasional Tiongkok yang berkantor pusat di Shenzhen, Guangdong. Perusahaan ini mengoperasikan Tencent QQ, salah satu platform internet terbesar di dunia; WeChat, aplikasi perpesanan paling populer di Tiongkok; Weixin/WeChat Pay, layanan pembayaran mobile; QQ News dan Tieba (layanan jejaring sosial); QQ Game Platform (permainan online), dan bisnis lain termasuk media streaming dan produksi musik.

Tencent telah menjadi perusahaan dengan kinerja terbaik di pasar saham Hong Kong sejak penawaran umum perdana (IPO) tahun 2004. Produknya meliputi layanan jaringan sosial, aplikasi pesan instan, game online multipemain, situs web e-commerce, konten hiburan seperti label musik, studio film, dan saluran video streaming.

Selain lini bisnis intinya, perusahaan ini juga memiliki investasi minoritas di berbagai perusahaan multinasional Barat seperti Activision Blizzard, Tesla Motors, JD Sports Fashion Limited.

Netflix

Netflix adalah perusahaan hiburan Amerika yang didirikan oleh Reed Hastings dan Marc Randolph pada tanggal 29 Agustus 1997 di Scotts Valley, California. Model bisnis awal perusahaan ini meliputi penjualan DVD dan layanan penyewaan; Netflix berekspansi ke media streaming pada tahun 2007.

Netflix menawarkan layanan online berbasis langganan untuk menyediakan acara televisi dan film untuk ditonton melalui internet (atau "media streaming") di berbagai perangkat termasuk TV pintar, tablet, dan ponsel pintar. Mereka juga memproduksi konten orisinal seperti Stranger Things (2017), Narcos (2015) dan Orange Is the New Black (2013).

Paypal

PayPal adalah bisnis e-commerce global yang memungkinkan pembayaran dan transfer uang dilakukan melalui Internet. Perusahaan ini berkantor pusat di San Jose, California, Amerika Serikat dan didirikan oleh Peter Thiel, Max Levchin, Luke Nosek, dan Ken Howery. PayPal diluncurkan pada tahun 1999 sebagai layanan transfer uang di Confinity di Palo Alto California dengan dana sebesar $10 juta dari Sequoia Capital.

Pada tahun 2000, jelas bahwa PayPal telah berkembang jauh melampaui tujuan awalnya yang memungkinkan pengguna untuk mengirim uang kepada teman dan keluarga secara online gratis. Pada tahun 2001, eBay mengakuisisi PayPal sebesar $1,5 miliar namun tetap mempertahankannya sebagai anak perusahaan yang terpisah.

Booking.com

Booking.com adalah situs web pemesanan perjalanan yang memungkinkan pengguna untuk membandingkan harga, membaca ulasan, dan melakukan reservasi untuk hotel, penerbangan, dan penyewaan mobil. Didirikan pada tahun 1996 oleh mantan karyawan Sabre Holdings Corporation. Kantor pusat Booking.com berlokasi di Amsterdam, Belanda dan memiliki kantor di seluruh dunia termasuk Asia Pasifik (Singapura), Eropa (London), Amerika Utara (New York City).

Booking Holdings Inc, yang sebelumnya dikenal sebagai Priceline Group Inc, adalah sebuah perusahaan Amerika yang berbasis di Norwalk Connecticut Amerika Serikat yang menyediakan berbagai layanan melalui anak perusahaannya seperti Booking Holdings Inc, OpenTable Inc, Kayak Software Corp, TripAdvisor LLC, dan lain-lain.

Baidu

Baidu adalah perusahaan layanan web Tiongkok yang berkantor pusat di Beijing. Perusahaan ini menawarkan berbagai macam produk dan layanan, termasuk mesin pencari, platform periklanan online, layanan komputasi awan, dan perangkat lunak pengenal suara AI. Selain kantor pusatnya di ibu kota Cina, Beijing (yang dijuluki "Google Valley").

Baidu juga memiliki kantor di seluruh dunia termasuk California, Mountain View, Sunnyvale, Santa Monica, Sunnyvale, Los Angeles, dan San Francisco.

Kesimpulan

nternet telah mengubah cara kita hidup dan bekerja. Internet telah membuka peluang baru bagi para wirausahawan, memungkinkan perusahaan untuk tumbuh dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan menciptakan industri yang sama sekali baru yang belum pernah ada sebelumnya. Semua perusahaan ini telah membangun kesuksesan mereka dengan menyediakan layanan atau produk secara online dan kami yakin akan ada lebih banyak lagi yang akan segera bermunculan.

Sudah berkecimpung dalam dunia website sejak 2013 dan masih aktif mengelola beberapa website