10 Ilmuwan Paling Berpengaruh Di Dunia Yang Membawa Perubahan Besar

Ilmuwan Paling Berpengaruh Di Dunia

Ilmuwan paling berpengaruh di dunia telah membentuk cara kita berpikir tentang alam semesta. Mereka telah mengubah cara kita hidup, bekerja, dan berkomunikasi satu sama lain.

Penemuan dan ciptaan mereka telah memungkinkan kita menjelajahi ruang angkasa dan memahami planet kita secara lebih dekat daripada sebelumnya.

Mereka juga telah membantu mengubah dunia kedokteran, teknologi, dan pertanian dengan cara-cara yang bermanfaat bagi seluruh umat manusia.

Berikut adalah beberapa ilmuwan paling berpengaruh di dunia yang harus Anda ketahui.

Nikola Tesla

Nikola Tesla adalah seorang penemu, insinyur listrik, insinyur mesin, fisikawan, dan futuris Serbia-Amerika yang terkenal karena kontribusinya dalam desain sistem pasokan listrik arus bolak-balik (AC) modern. Dia sering disebut sebagai salah satu kontributor terpenting dalam melahirkan listrik komersial dan mengembangkan banyak perangkat yang menggunakan listrik.

Paten dan karya teoretis Tesla membentuk dasar sistem tenaga listrik arus bolak-balik (AC) modern, termasuk sistem polifase distribusi listrik dan menara saluran transmisi yang mendukungnya. Untuk karyanya tentang elektromagnetisme (termasuk induksi elektromagnetik), ia menerima Medali Edison pada tahun 1917; "sebuah patung didirikan di Air Terjun Niagara untuk memperingati prestasinya".

Albert Einstein

Albert Einstein adalah seorang fisikawan teoretis kelahiran Jerman yang mengembangkan teori relativitas umum, salah satu dari dua pilar fisika modern. Dia terkenal dalam budaya populer karena rumus kesetaraan massa-energi E = mc², yang dijuluki sebagai "persamaan paling terkenal di dunia".

Einstein mengajarkan kita untuk berpikir secara berbeda tentang dunia di sekitar kita, dan dia mampu membawa pemahaman kita tentang sains ke tingkat yang lebih tinggi.

Thomas Alva Edison

Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio pada tanggal 11 Februari 1847. Dia adalah seorang penemu dan pengusaha Amerika yang mengembangkan banyak perangkat yang sangat memengaruhi kehidupan di seluruh dunia, termasuk fonograf dan bola lampu listrik yang tahan lama dan praktis.

Penemuan Edison tidak hanya berguna tetapi juga layak secara komersial; dia memulai perusahaannya sendiri untuk memasarkannya serta penemuan lain yang ditemukan oleh orang lain tetapi kemudian diakuisisi olehnya melalui pembelian atau perjanjian lisensi. Keberhasilannya dalam mengatur perusahaan-perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan multinasional pertama di Amerika membantu membuatnya cukup kaya untuk terus menciptakan hingga kematiannya pada usia 83 tahun pada tahun 1931.

Alexander Graham Bell

Alexander Graham Bell lahir di Edinburgh, Skotlandia pada tanggal 3 Maret 1847. Dia adalah seorang ilmuwan dan penemu kelahiran Skotlandia yang paling terkenal karena menemukan telepon.

Bell menerima Hadiah Volta dari Napoleon III untuk karyanya di bidang telepon pada tahun 1880, yang memungkinkannya untuk pindah ke Amerika Utara di mana dia mendirikan perusahaan yang pada akhirnya menjadi AT&T Corporation. Dia meninggal di rumahnya di Nova Scotia pada tanggal 2 Agustus 1922 pada usia 75 tahun ketika sedang mengerjakan perangkat alat bantu dengar yang lebih baik yang disebut "Photophone".

Stephen William Hawking

Stephen William Hawking adalah seorang fisikawan teoretis Inggris, kosmolog, penulis, dan Direktur Penelitian di Pusat Kosmologi Teoretis di Universitas Cambridge.

Ia lahir pada tanggal 8 Januari 1942 di Oxford, Inggris. Dia menderita ALS sejak awal usia 20-an yang membuatnya lumpuh dan tidak dapat berbicara kecuali melalui sistem komputer yang dioperasikan oleh ekspresi wajah atau kedutan otot pipinya. Terlepas dari kemunduran ini, ia terus memberikan kontribusi penting bagi ilmu pengetahuan yang sering didiskusikan di seluruh dunia karena implikasinya dalam memahami bagaimana alam semesta kita bekerja dan bagaimana alam semesta ini muncul.

Michael Faraday

Michael Faraday adalah seorang ilmuwan Inggris yang berkontribusi dalam bidang elektromagnetisme dan elektrokimia. Dia terkenal karena karyanya di bidang kelistrikan dan magnetisme, yang mencakup bukti eksperimental untuk keberadaan induksi elektromagnetik dan deskripsi matematis medan elektromagnetik.

Faraday lahir di Newington Causeway, London pada tanggal 22 September 1791. Ayahnya adalah seorang pandai besi yang lahir di Irlandia; ibunya lahir di Inggris namun dibesarkan di Prancis. Ayah Michael meninggal saat ia berusia enam tahun; ibunya kemudian membawanya untuk tinggal bersama orang tuanya di rumah mereka di London, di mana ia memiliki sebuah toko apotek. Meskipun Michael tidak bersekolah secara teratur, ia memiliki akses ke buku sejak usia dini berkat kakeknya yang merupakan seorang penjual buku dan penerbit sebelum menjadi seorang pendeta.

Louis Pasteur

Louis Pasteur adalah seorang ahli kimia dan mikrobiologi Prancis. Dia terkenal karena penemuannya tentang penyebab penyakit, dan mengembangkan metode untuk mencegahnya.

Pasteur membuat beberapa penemuan terobosan pada tahun 1850-an hingga 1870-an: dia mengembangkan vaksin untuk antraks dan rabies, yang masih digunakan sampai sekarang; dia menemukan bahwa mikroorganisme menyebabkan fermentasi; dia menunjukkan bahwa kuman ada di udara; dia menjelaskan bagaimana udara memungkinkan tanaman tumbuh (fotosintesis). Penemuan terakhir ini membawanya untuk mengembangkan eksperimen yang disebut "Pasteurisasi"-sebuah proses di mana cairan dapat dipanaskan secara singkat sehingga tidak cepat rusak ketika terkena udara.

Sir Isaac Newton

Sir Isaac Newton adalah seorang fisikawan dan matematikawan Inggris. Dia dianggap sebagai salah satu ilmuwan paling berpengaruh dalam sejarah, dan bukunya Philosophiae Naturalis Principia Mathematica (1687) adalah salah satu buku paling berpengaruh dalam sejarah sains.

Selain karyanya tentang gravitasi, ia juga merumuskan hukum pendinginan (1665) dan mempelajari dispersi warna dengan prisma (1704).

Galileo Galilei

Galileo Galilei adalah seorang fisikawan, matematikawan, astronom, dan filsuf Italia yang memainkan peran utama dalam revolusi ilmiah selama masa Renaisans. Galileo sering disebut sebagai "bapak astronomi modern". Kontribusinya dalam astronomi observasional meliputi konfirmasi teleskopik rotasi planet mengelilingi Matahari; penemuan dengan teleskop yang melibatkan kawah bulan dan bintik matahari; dukungan untuk Copernicanism; dan menentang geosentrisme (gagasan bahwa Bumi dalam keadaan diam).

Hippocrates

Hippocrates dianggap sebagai bapak kedokteran. Ia lahir pada tahun 460 SM di Yunani dan merupakan seorang dokter, filsuf, dan ilmuwan. Hippocrates percaya bahwa penyakit bukanlah hukuman dari para dewa, melainkan ketidakseimbangan empat cairan tubuh: darah, empedu kuning, empedu hitam, dan dahak (dahak yang berupa lendir). Dia juga percaya bahwa cairan-cairan ini dapat diobati dengan membantu mereka mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh dengan mandi atau mengeluarkannya melalui olahraga atau mandi uap.

Teori ini mengarah pada pemahaman kedokteran modern tentang bagaimana penyakit ditularkan melalui kuman - sebuah penemuan yang dimungkinkan sebagian karena karya terobosan Hippocrates tentang anatomi dan fisiologi manusia.

Kesimpulan

Dunia menjadi tempat yang lebih baik berkat para ilmuwan ini. Penemuan mereka telah membantu kita memahami kehidupan dan alam semesta secara lebih mendalam, sementara penemuan mereka telah mengubah kehidupan kita sehari-hari. Kami harap Anda menikmati belajar tentang beberapa ilmuwan paling berpengaruh dalam sejarah.

Sudah berkecimpung dalam dunia website sejak 2013 dan masih aktif mengelola beberapa website