Situs Belajar Coding Gratis Dan Terbaik Cocok Untuk Pemula

Situs Belajar Coding Gratis Dan Terbaik Cocok Untuk Pemula

Situs untuk belajar pemrograman sebenarnya sangat banyak sekali sumbernya, baik yang hanya fokus di pemrograman tertentu hingga situs yang menyediakan bahasa pemrograman yang beragam, lengkap dan terbaru menyesuaikan perkembangan teknologi (pemrograman). Untuk belajar pemrograman selain diperkuliahan juga dapat dilakukan jika tidak kuliah, contohnya mengikuti bootcamp atau semacam kursus dibidang pemrograman.

Atau jika ingin dirumah saja dan bisa belajar pemrograman maka solusinya adalah belajar secara online, dan didunia internet saat ini menyediakan banyak sekali sumber belajar pemrograman, dari yang untuk pemula hingga ada yang sampai expert bahkan banyak yang menyediakan tutorial tersebut secara gratis cuma-cuma.

Saat belajar pemrograman secara online pun masih ada pilihan, apakah belajar pemrograman melalui teks (situs & blog) atau video (youtube), disini saya akan bagikan 9 situs terbaik untuk belajar pemrograman (berbasis teks tentunya).

Petanikode

Petani Kode adalah blog yang membahas mengenai dunia pemrograman dengan menggunakan linux. Tersedia tips dan panduan pemrograman menggunakan linux yang bisa diikuti oleh siapapun tentunya (terlebih user linux).

MalasNgoding

Malasngoding adalah situs yang membahas tentang tutorial lengkap pemrograman bahasa indonesia. Materinya pun beragam dan sudah disediakan lengkap dari materi tingkat dasar hingga tingkat mahir.

Kategori tutorialnya pun ada yang berbentuk pdf, video dan artikel, dan juga tersedia tutorial versi premium (pastinya lebih lengkap dari yang gratis). Tutorial yang premium berisi tentang tutorial pemrograman lengkap dengan studi kasus tertentu jadi sudah langsung bikin website (aplikasi).

Codepolitan

Codepolitan adalah sebuah platform belajar coding secara online yang dikembangkan khusus untuk membantu kamu belajar coding lebih terarah dan tepat. Untuk materi belajar di codepotan ini bisa diakses secara gratis, tetapi jika ingin belajar lebih maksimal dan dukungan dari mentor langsung maka harus masuk di program berbayar.

Duniailkom

Duniailkom adalah situs untuk belajar bahasa pemrograman (ilmu komputer). Diharapkan oleh duniailkom.com agar dapat menjadi media pembelajaran dan sarana berbagi mengenai dunia pemrograman dengan cara terus membuat tutorial bahasa pemrograman yang terbaru dan popular (mengikuti perkembangan teknologi).

Duniailkom dibuat untuk semua kalangan yang ingin mempelajari dunia ilmu komputer, dan fokusnya adalah bagian bahasa pemrograman.

Saat ini sudah tersedia lebih dari 400 tutorial belajar bahasa pemrograman, dan materi lain akan diupdate secara bertahap.

Belajarphp.net

Belajarphp.net adalah situs yang menyediakan materi dan layanan belajar secara online dan offline.

My Note Code

My Note Code adalah sebuah blog yang menyediakan tutorial bahasa pemrograman, yang pada awalnya blog ini ditulis hanya sekedar mendokumentasikan apa sudah dipelajari agar dapat bermanfaat bagi orang lain yang juga membutuhkan.

Setelah satu tahun berdiri, blog ini mendapatkan keseriusan dari pemilik blog untuk membangun blog My Note Code dengan serius hingga saat ini.

Ilmu Website

Ilmu Website menyediakan konten tutorial yang premium (berbayar) supaya belajar menjadi lebih mudah, terstruktur dan dipandu oleh ahlinya.

Jago Coding

Jago Coding adalah situ tutorial pemrograman nomor 1 di indonesia yang berbasis jejaring sosial (social network), dengan harapan semua yang mempelajari pemrograman di jago coding ini akan menjadi seorang yang “jago coding”.

Tutorial yang disediakan pun beragam, mulai dari tutorial for baby, for newbie, for standard, for advance, dan for expert.

Gila Coding

Gilacoding.com adalah situs yang bertujuan untuk mengenalkan dan mengajarkan hal-hal seputar IT, bahasa pemrograman dan lebih mengarah dan fokus pada web programming.

Sudah berkecimpung dalam dunia website sejak 2013 dan masih aktif mengelola beberapa website