Cara Memulai Investasi Emas Untuk Pemula

Cara Memulai Investasi Emas Untuk Pemula

Di masa kini, sudah banyak orang yang mencoba menjadikan investasi emas sebagai sumber penghasilan. Tapi, bagaimana cara untuk memulainya? Ada banyak cara yang patut dilakukan untuk memulai investasi emas dan tidak semuanya sama.

Kami akan membantu Anda untuk menemukan jalan terbaik dalam penyaluran kekayaan Anda melalui jenis investasi ini.

Mengurangi Resiko Investasi Emas

Risiko adalah kemungkinan terjadinya kerugian ataupun keuntungan yang tidak diinginkan. Risiko pasar adalah risiko yang timbul karena pergerakan harga emas yang tidak diketahui dengan pasti.

Misalnya, saat Anda membeli emas dan ingin menjualnya lagi nanti karena Anda lebih memilih jualan daripada menyimpan, maka Anda akan berurusan dengan risiko pasar.

Risiko keuangan merupakan jenis risiko yang sangat berbahaya bagi investor pemula karena mereka belum mengetahui bagaimana caranya melindungi diri dari beberapa hal seperti ini.

Jika Anda ingin memulai investasi emas, maka ada baiknya memastikan bahwa Anda sudah mengetahui apapun tentang risiko-risikonya agar Anda tidak mudah terpengaruh oleh situasi-situasi negatif yang bisa muncul kapan saja

Cara Memilih Emas

Investasi emas adalah investasi yang aman dan menguntungkan. Jika Anda sudah memiliki modal untuk membeli emas, maka sebaiknya cari emas yang memiliki kualitas terbaik dan harga masuk akal. Pilihlah emas berbentuk raw, round dan baru saja ditambang oleh perusahaan pengelola tambang emas tersebut.

Cara lain untuk menemukan perusahaan penambang emas yang bisa dipercaya adalah dengan melihat informasi kepercayaan atau jaminan pelaku usaha (JUPU) mereka di situs resmi badan pemerintah atau dewan eksekutif daerah tempat mereka berada, misalnya Kementerian Keuangan RI (Kemenkeu).

Jika Anda tidak sempat mengakses situs penyedia informasi kepercayaan di internet, bisa juga menanyakannya langsung kepada petugas Bank dan/atau Perbankan di wilayah kerjanya ataupun Kepala Kantor Pelayanan Terpadu Satuan Kerja Perbankan Daerah (PTSPK-PD).

Cara Membeli Emas

Pilih emas yang sesuai dengan budget Anda. Perhatikan emas apa yang akan di beli. Emas dapat dibagi menjadi berbagai jenis, seperti: konveksi (gold bar) dan non-konveksi (gold coin).

Jika anda menginginkan investasi yang mudah dan murah, maka pilihlah konveksi atau gold bar berbentuk batangan logam hitam. Gold coin juga mempunyai nilai tambah sebagai peluang investasi, tetapi harganya lebih mahal karena ada resiko kehilangan ukurannya terhadap harga emas dunia.

Harga emas dunia cenderung naik setiap tahunnya dengan potensial untuk mencapai $1 000 per gram pada 2020 mendatang dengan pertumbuhan rata-rata 10% per tahun selama 20 tahun terakhir dalam waktu singkatnya.

Kesimpulan

Investasi emas adalah salah satu investasi yang cukup menguntungkan dan tentunya bisa dijadikan sebagai pengganti investasi lainnya. Untuk memulai investasi emas dengan cara ini, kita hanya perlu memiliki dana yang cukup untuk membeli emas dan kita juga bisa mulai dengan 0% risk tanpa harus mengeluarkan uang sendiri.

Pecandu kopi hitam manis ☕︎