Unlock Link

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android (Blotware) Permanen

cara hapus aplikasi bawaan android (blotware) permanen tanpa root untuk semua tipe smartphone android cara hilangkan blotware semua tipe android work
cara hapus aplikasi bawaan android, cara hilangkan blotware smartphone android secara permanen, cara hapus aplikasi bawaan tanpa root

Ketika membeli smartphone Android baru merk apapun, dalam smartphone tersebut sudah terpasang aplikasi bawaan atau yang lebih dikenal dengan nama Blotware.

Aplikasi bawaan ini tidak bisa di uninstall secara langsung seperti aplikasi lainnya. Cara hapus aplikasi bawaan Android berbeda dengan cara hapus aplikasi yang kamu download di Play Store.

Aplikasi bawaan biasanya berupa aplikasi pemutar musik dan video, SMS, email, kalkulator, kompas, catatan radio dan kadang kala ada beberapa aplikasi yang tidak berguna lainnya.

Terkadang beberapa aplikasi bawaan tidak pernah kita gunakan. Misalnya aplikasi email bawaan. Kebanyakan orang tidak menggunakan aplikasi ini karena sudah digantikan oleh aplikasi Gmail milik Google. Daripada memenuhi ruang penyimpanan smartphone, mending di hapus saja.

Aplikasi Bawaan Android Yang Boleh Dihapus

Sebelum melanjutkan ke pembahasan utama, disini kami akan daftarkan aplikasi yang bisa di hapus di Android. Harap jangan hapus aplikasi selain dari daftar berikut.

Email

Aplikasi ini boleh kamu hapus dan menggantinya dengan aplikasi Gmail milik Google. Menurut kami, aplikasi Gmail lebih bagus digunakan dari pada aplikasi email bawaan smartphone Android.

Browser

Browser bawaan smartphone Android biasanya tidak begitu istimewa. Yang paling menyebalkan browser bawaan sangat berat. Kamu bisa gantikan browser bawaan smartphone Android dengan aplikasi Chrome.

Catatan

Aplikasi catatan memang sangat penting ada di smartphone Android. Namun, kebanyakan aplikasi catatan bawaan memiliki ukuran yang besar dan minim fitur. Kamu bisa ganti aplikasi catatan bawaan dengan aplikasi Google Keep.

Radio

Radio menjadi salah satu aplikasi yang sangat jarang digunakan saat ini oleh generasi milenial. Pengguna Android lebih memilih mendengar musik dan berita di YouTube dan Televisi. Aplikasi radio aman untuk dihapus.

Kompas

Jika kamu bukan seseorang yang suka traveling, kami rasa aplikasi kompas tidak berguna sih. Lagian kini ada aplikasi Map yang bisa menggantikan kompas. Kamu bisa hapus aplikasi kompas dengan aman.

Aplikasi Bawaan Lainnya

Biasanya di Android juga terpasang aplikasi bawaan dari sponsor. Misalnya di Realme ada aplikasi J&T Express dan di Xiaomi ada aplikasi Baca Plus. Jika tidak diperlukan, aplikasi ini juga bisa dihapus.

Bahan Untuk Hapus Blotware Android No Root

Dalam menjalankan panduan di artikel ini, ada beberapa bahan yang harus kamu persiapkan. Diantaranya:

  • Komputer / Laptop / Notebook (bisa salah satu)
  • Smartphone Android (yang ingin dihapus aplikasi bawaan)
  • Kabel USB (bisa gunakan kabel charger hp)
  • Software ADB Installer (link download dibawah)
  • Software ADB Driver (link download dibawah)
  • Aplikasi App Inspector (link download dibawah).

Itulah beberapa bahan yang harus dipersiapkan untuk menjalankan panduan ini. Kamu bisa hapus aplikasi bawaan Android tanpa root.

Dalam percobaan ini kami akan hapus aplikasi bawaan di smartphone Xiaomi Redmi Note 5A menggunakan bantuan Notebook Asus windows 7.

Karena panduan ini sedikit panjang, silahkan baca sekalian praktekkan agar tidak terjadi kesalahan yang fatal.


Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android No Root

Ikuti panduan berikut ini dengan fokus agar tidak salah dalam menjalankan cara hapus aplikasi bawaan ini. Jika salah sedikit saja, bisa berakibat fatal pada smartphone kamu.

Download Dan Install Software ADB Installer Di Laptop

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan instalasi software yang bernama ADB Installer. Software ini termasuk salah satu bahan paling penting dalam panduan ini.

Download Software ADB Installer:

ADB Fastboot And Driver
ADB Fastboot And Driver
Host Mediafire Ukuran 8.89 MB Versi 1.4.3

Cara Instalasi Software ADB Installer Di Laptop:

  • Ekstrak file ADB Fastboot And Driver v1.4.3 (windows).zip di laptop kamu
  • Buka folder yang sudah di ekstrak dan temukan file bernama adb-setup-1.4.3.exe dalam folder tersebut
  • Arahkan kursor ke file tersebut dan klik kanan mouse dan pilih Run as administrator
  • Akan muncul tab berwarna biru pemberitahuan instalasi ADB Installer. Ketik Y dan klik Enter
  • Muncul pemberitahuan baru dibagian paling bawah, Ketik Y dan Klik Enter lagi
  • Kemudian pemberitahuan baru muncul lagi. Caranya masih sama, Ketik Y dan Klik Enter
  • Pada langkah selanjutnya akan muncul tab welcome. Disini silahkan klik Next untuk melanjutkan
  • Tunggu proses instalasi software ADB Installer hingga selesai. Jika sudah muncul notifikasi Completing, silahkan klik Finish.

Proses instalasi pun selesai sampai disini. Kini di laptop kamu sudah terpasang software ADB Installer dengan sempurna. Silahkan lanjut ke tahap selanjutnya.

Aktifkan USB Debugging di Smartphone

Untuk cara mengaktifkan USB Debugging di smartphone Android berbeda antara satu jenis smartphone dengan jenis smartphone lainnya.

Karena disini saya menggunakan Xiaomi Redmi Note 5A, maka bagian mengaktifkan USB Debugging ini hanya berlaku untuk Xiaomi saja.

Cara Aktifkan USB Debugging di Xiaomi:

  • Sambungkan smartphone dengan laptop menggunakan kabel USB (gunakan kabel charger hp)
  • Pastikan smartphone kamu dalam keadaan home screen atau berada di layar utama
  • Masuk ke Setelan atau Pengaturan di Xiaomi dan klik Tentang Telepon
  • Kemudian klik 7 kali Versi MIUI hingga muncul notifikasi "Sekarang Anda adalah seorang pengembang!"
  • Kembali ke layar utama smartphone kamu dan masuk lagi ke menu Setelan => Setelan tambahan => Opsi pengembang
  • Lalu aktifkan Debugging USB dan aktifkan juga Buka kunci OEM. Setelah itu kamu bisa kembali ke layar utama.

Sampai disini kita sudah berhasil untuk mengaktifkan USB Debugging di smartphone Xiaomi menggunakan cara diatas. Untuk smartphone lainnya bisa menggunakan cara berbeda.

Pastikan kamu tidak menarik atau memutuskan kabel USB yang terpasang antara smartphone dan laptop sebelum panduan ini selesai.


Download Dan Install Software ADB Driver Di Laptop

Satu lagi software yang harus kamu pasang di Laptop, yaitu ADB Driver. Software ini berguna untuk menyambungkan laptop ke smartphone.

Download Software ADB Driver:

ADB Driver Installer
ADB Driver Installer
Host Mediafire Ukuran 9.22 MB Versi 2.0

Cara Instalasi software ADB Driver Di Laptop:

  • Ekstrak file ADB Driver Installer v2.0 di laptop kamu
  • Buka folder yang sudah di ekstrak dan temukan file bernama ADB Driver Installer v2.0.exe dalam folder tersebut
  • Arahkan kursor ke file tersebut dan klik kanan mouse dan pilih Run as administrator
  • Akan muncul tab baru. Pertama klik Refresh dan lanjutkan dengan klik Install
  • Kemudian akan muncul dua pilihan. Pilih Install this driver software anyway
  • Silahkan tunggu proses instalasi berjalan. Jika muncul notifikasi Ok pada bagian Device status, artinya proses ini selesai.

Diatas adalah cara install software ADB Driver di laptop. Pastikan kamu sudah berhasil melakukan cara diatas sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Download Dan Install Aplikasi App Inspector Di Android

Sekarang berpindah ke smartphone Android. Kamu harus install sebuah aplikasi yang bernama App Inspector. Aplikasi ini berguna untuk mendapatkan data aplikasi yang akan dihapus nanti.

Download Dan Install Aplikasi App Inspector:

App Inspector
App Inspector
rating 4,2 ukuran 16 MB 100 rb+ pengguna

Setelah aplikasi App Inspector terinstall di smartphone kamu, silahkan ikuti panduan Selanjutnya.

Mendapatkan Data Aplikasi

Selanjutnya adalah mendapatkan data aplikasi yang akan dihapus. Pastikan dulu kamu sudah menentukan aplikasi yang akan dihapus.

Dalam contoh ini kami akan hapus aplikasi email bawaan smartphone Xiaomi. Jadi, kami harus mendapatkan data aplikasi email bawaan tersebut.

Caranya:

  • Buka aplikasi App Inspector yang sudah kamu install di smartphone. Kemudian klik App List
  • Klik aplikasi yang akan dihapus (contohnya email), pada bagian Data, silahkan catat lokasi penyimpanan data aplikasi tersebut (contoh: com.android.email). Sedangkan /data/user/0/ jangan dicatat
  • Silahkan simpan lokasi data aplikasi yang sudah kamu catat tersebut. Bisa simpan di notepad laptop kamu atau di kertas.

Yang diperlukan untuk menghapus aplikasi bawaan adalah lokasi penyimpanan datanya. Jika kamu ingin menghapus aplikasi lainnya, caranya sama seperti diatas.

Perlu kami ingatkan sekali lagi, jika lokasi penyimpanan datanya /data/user/0/com.android.email seperti contoh di atas, cukup simpan tulisan yang paling belakang. /data/user/0/ jangan dicatat karena itu adalah nama folder dan tidak diperlukan.

Menghapus Aplikasi Bawaan Smartphone Android

Setelah mendapatkan data aplikasi seperti pada poin diatas, langkah terakhir adalah menghapus aplikasi bawaan Android secara permanen tanpa root. Pastikan kamu sudah mendapatkan data aplikasi yang akan dihapus.

  • Sekarang beralih ke laptop kamu dan buka Local Disk (C). Disana kamu akan menemukan folder ADB yang berisi file adb.exe dan lainnya. Klik kanan mouse dan pilih Open Command window here
  • Disini akan muncul layar tab baru dengan latar warna hitam. Ketik adb devices dan tekan Enter
  • Kamu akan diminta untuk memasukkan perintah lainnya. Ketik adb shell dan tekan Enter
  • Pada langkah selanjutnya, silahkan ketik data aplikasi yang sudah kamu catat pada panduan sebelumnya. Misalnya com.android.email kemudian klik Enter
  • Jika muncul tulisan sukses, artinya kamu sudah berhasil menghapus aplikasi tersebut di smartphone. Silahkan cek sendiri di Android kamu.

Akhir Kata

Demikianlah cara hapus aplikasi bawaan Android (blotware) secara permanen tanpa perlu melakukan root. Panduan ini sudah sukses kami uji coba menggunakan perangkat yang sudah disebutkan sebelumnya.

Jika kamu masih bingung dengan panduan ini, bisa meninggalkan komentar. Mungkin ada beberapa tipe smartphone yang memiliki cara sedikit berbeda dengan yang sudah kami bagikan disini.

Tetap ingin menjadi diri sendiri meski rendah di mata orang

Posting Komentar

Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik artikel diatas.